Daftar Orang Kudus, Santo, Santa Pelindung

Daftar Orang Kudus, Santo, Santa Pelindung
Daftar orang kudus

Gereja percaya bahwa para Rasul dan para martir yang telah menjadi saksi iman, terhubung secara sangat erat dalam Kristus. 
Gereja mengangkat mereka sebagai Santa/Santo dan menghormati mereka dengan devosi khusus, bersama-sama dengan Santa Perawan Maria dan para malaikat yang kudus. Gereja memohon bantuan doa-doa mereka. Kepada para kudus ini ditambahkanlah mereka yang pada masa hidupnya dengan setia mengikuti Kristus dan bisa menjadi teladan bagi para umat lainnya. Nama Santo Pelindung kamu apa? sharingkan disini juga..
Ada yang ingin menambahkan?? Silahkan...


Santo Ignatius dari Antiokia
Santo Ignatius adalah Uskup Antiokia pada akhir abad pertama dan merupakan murid dari Rasul Yohanes.
Santo Ignatius adalah Uskup Antiokia pada akhir abad pertama. Dia menggunakan "Theophorus" yang berarti "pembawa Allah" sebagai nama belakangnya, dan dia hidup sesuai dengan namanya tersebut.
Menurut biografinya yang paling awal, St.Ignatius awalnya bukan seorang Kristen, dan dia masuk Kristen dan menjadi murid Rasul Yohanes. Kisah sejarah abad ke-4 menuliskan bahwa Ignatius melayani sebagai Uskup Antiokia selama empat puluh tahun, setelah diangkat disana oleh Rasul Petrus dan Paulus. Antiokia adalah salah satu dari pusat komunitas Kristen perdana yang paling penting (lihat Kisah 11:26) dan mengaku bahwa St.Petrus sendiri sebagai Uskupnya yang pertama.

Kita nyaris tidak tahu apa-apa tentang tindakan-tindakan Uskup Ignatius sewaktu dia menjabat sebagai uskup. Pekerjaannya yang terbesar dikerjakannya sewaktu dia digiring untuk dieksekusi di Roma dalam perjalanan yang panjang "membawa Allah" kepada umat dan gereja-gereja di Asia Kecil.

St.Ignatius dihukum mati selama penindasan dalam masa pemerintahan Kaisar Trajan (98-117). Ketika penindasan berlangsung, Trajan sendiri tidak terlalu ambisius atau habis-habisan, sehingga para pakar menduga bahwa entah St.Ignatius melakukan suatu hal yang memprovokasi penguasa Roma, atau mungkin dia dihianati oleh kaum bidaah. Tetapi mungkin hal itu tidak perlu. Pamornya saja sudah cukup membuat dia menjadi sasaran. Antiokia adalah sebuah kota Romawi yang penting, dan pada masa itu, kota terpenting kedua di kekaisaran Romawi. Dan Gereja di Antiokia, dengan akar-akar apostolik, sangat dihormati oleh umat Kristen dimana-mana. Sebagai Uskup Antiokia selama 40 tahun, dapat dipastikan bahwa pada masa akhir hidupnya, dia adalah seorang yang sangat terkenal.

Santa Teresa dari Avila (Teresa dari Yesus)
Salah satu dari tiga wanita yang diangkat menjadi Pujangga Gereja (Doctor Ecclesiae) dan merupakan reformer tarekat Karmelit di jaman pasca reformasi Protestan. Ordo yang didirikannya disebut Ordo Karmelit Tanpa Alas Kaki (OCD). (Tarekat Karmelit Tanpa Alas Kaki). Pada tahun 1970 Sri Paus memproklamasikan Teresa sebagai Pujangga Gereja karena tulisan-tulisannya dan ajarannya tentang doa. Dia adalah satu diantara dua wanita yang dihargai karena alasan ini. Santa Teresa dari Avila adalah pelindung orang-orang yang menderita sakit kepala. Lambangnya adalah sebuah hati dan sebuah panah dan sebuah buku.

Santa Teresa dari Kanak-kanak Yesus
Juga dikenal sebagai St. Therese dari Lisieux, adalah salah satu Santa yang paling populer dan disukai oleh banyak orang sepanjang abad ke-20. St. Teresa dikanonisasi pada tanggal 17 Mei 1925. Sri Paus Yohanes Paulus II memproklamasikannya sebagai Pujangga Gereja, wanita ketiga yang mendapat gelar kehormatan ini, pada tanggal 20 Oktober 1997 dalam suratnya yang berjudul "Divini amoris scientia". St.Teresa dari Kanak-kanak Yesus diperingati setiap tanggal 1 Oktober.

Santo Robert Bellarminus
Robert Bellarminus adalah teolog dan pakar Yesuit yang sangat menonjol pada jamannya. Dia diangkat menjadi Kardinal oleh Paus Klemen VIII meskipun ia sendiri sebetulnya menolak pengangkatannya tersebut.

Santo Yohanes Krisostomus
Yohanes adalah Patriark Konstantinopel yang dijuluki "Si Mulut Emas" karena kepandaiannya dalam berbahasa dan keindahan gaya bahasanya dalam homili-homilinya.

Santo Petrus Krisologus
Sangat sedikit yang diketahui tentang Petrus dari Ravenna ini. Petrus dilahirkan di Imola di wilayah Italia utara, mungkin lebih mendekati tahun 380 ketimbang tahun 400. Dia menjadi Uskup Agung Ravenna pada sekitar tahun 430.

Santo Laurentius dari Brindisi
Beliau dilahirkan di Brindisi pada tahun 1559 dengan nama Giulio Cesare de Rossi. Dia dididik oleh kaum biarawan Franciscan di Brindisi dan juga di Venisia. Dia bergabung dengan kaum Kapucin dari tarekat Fransiscan pada umur 16 tahun, dan mengambil nama Laurentius (Italia: Lorenzo).

Santo Maximilian Kolbe
Beliau adalah imam Polandia yang menjadi korban kekejaman Nazi dan meninggal di kamp konsentrasi Auschwitz. Ikutilah kisahnya yang luar biasa! Maximilian Maria Kolbe, lahir 1894, wafat 1941, imam-biarawan Franciscan di Polandia, tahanan di perkampungan konsentrasi Auschwitz yang mengorbankan nyawanya dengan heroik untuk menggantikan posisi sesama tahanan. Dibeatifikasi pada tanggal 17 Oktober 1971. Dikanonisasi menjadi Santo pada tanggal 14 Agustus 1982, dan dipestakan pada tanggal yang sama

Santo Ignatius de Loyola
Pendiri Serikat Yesus, suatu tarekat religius Katolik yang terbesar hingga saat ini. Ignatius dibeatifikasi pada tanggal 27 Juli 1609 dan dikanonisasi oleh Paus Gregorius XV pada tanggal 12 Maret 1622, bersama-sama dengan Santo Franciscus Xaverius. Pesta peringatan Santo Ignatius dirayakan oleh Gereja secara universal pada tanggal 31 Juli, yaitu pada hari wafatnya.

Daftar Orang Kudus, Santo, Santa Pelindung Daftar Orang Kudus, Santo, Santa Pelindung Reviewed by jmw on Tuesday, October 01, 2013 Rating: 5

2 comments:

  1. yang bulan mei siapasaja y santonya

    ReplyDelete
  2. Siapa nama pelindung bulan Maret dan kenapa santa Rafaela dan rafelita tidak ada

    ReplyDelete

Sopan Santun Anda Sangat Kami Hargai

" Aquila non capit muscas "

Powered by Blogger.