Polisi siap amankan gereja selama Tri Hari Suci

Polisi siap amankan gereja selama Tri Hari Suci

DibawahPerlindunganMaria[DPM] - Dalam rangka penanganan keamanan perayaan umat Kristiani mulai Kamis Putih, Jumat Agung, dan Sabtu Suci  (Vigili Paskah)-Minggu Paskah para personil polisi disiagakan.

Polda Metro Jaya mengerahkan sekitar 10.000 personilnya guna mengamankan perayaan Paskah dan Jumat Agung bagi kaum Nasrani.

“Kita sudah terima laporan dan sepertiga kekuatan akan disiapkan untuk mengamankan,” kata Kepala Polda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Dwi Priyatno, di Jakarta, Kamis.

Di Katedral Jakarta, Kapolsek Sawah Besar menurunkan 466 personel untuk menjaga keamanan, termasuk anggota Jibom Gegana Polda Metro Jaya.

” Yang terdiri dari 10 anggota Jibom Gegana Polda Metro Jaya, 150 anggota Polda Metro Jaya, 50 anggota Polres Jakpus, 30 anggota Polsek Sawah Besar, 26 Lalu Lintas PMJ, 15 Koramil Sawah Besar dan lain sebagainya,” kata Kapolsek Sawah Besar, Kompol Shinto Silitonga.

Menurutnya, penempatan  tenaga pengamanan tersebut ditugaskan pada 18 titik pengamanan baik di dalam area gereja maupun luar area gereja.

“Dimulai dari Lapangan Banteng sampai dengan pertigaan Tugu Adipura dan sepanjang pagar Gereja Katedral, serta kantong-kantong parkir kendaraan Jemaat yang akan melaksanakan Misa Paskah,” terangnya.

Ia juga menghimbau, bagi para jemaat yang yang membawa kendaraan tidak diperkenankan parkir pada sisi jalan sepanjang Gereja Katedral, karena sudah disiapkan kantong-kantong parkir yaitu di halaman Masjid Istiqlal, halaman sekolah SMA Santa Ursula, halaman Kantor Pos, Lapangan Banteng dan halaman Bek Ang Angkatan Darat.

“Kita juga akan melakukan sterilisasi bagi jemaat di pintu masuk utama dengan menggunakan alat metal detector, diharapkan para jemaat membawa barang-barang penting saja untuk mempercepat proses pemeriksaan,” katanya.

Di Sleman, Yogyakarta, Polres Sleman siap mengamankan 81 gereja yang berlokasi di Sleman demi memberikan rasa aman bagi umat Kristiani yang merayakan Paskah. Ploting personel dilakukan secara terbuka dan tertutup dengan memaksimalkan tiap sektor.

Kapolres Sleman AKBP Ihsan Amin menjelaskan pihaknya akan memaksimalkan pengamanan untuk menciptanya keamanan dan ketertiban saat perayaan Paskah.

Meski tidak menyebutkan jumlah secara pasti, tapi Ihsan menegaskan seluruh personel Polres Sleman disiagakan untuk melakukan pengaman. Mulai dari Satlantas, Sabhara hingga Reskrim dan terutama personel tiap Polsek.

“Untuk pengamanan polanya, seluruh Kapolsek dan babinkamtibmas mendata seluruh gereja dan giatnya dan koordinasi dengan pimpinan gereja,” terang Ihsan, Rabu (16/4/2014).

Di Manado, Sulawesi Utara, menjelang perayaan Paskah, jajaran Polda Sulut terus meningkatkan pengamanan di seluruh Sulut, terutama di daerah-daerah yang diangarap rawan.

Menurut Kabid Humas Wilson Damanik, untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) tetap kondusif, pihaknya akan bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat.

“Kepolisian akan tetap berkoordinasi dengan beberapa unsur umat beragama yang ada di Sulut serta seluruh elemen masyarakat dalam pengamanan Paskah. Apalagi menjaga Kamtibmas tetap kondusif, tidak hanya tugas pihak kepolisian saja, tapi seluruh elemen masyarakat,” katanya.(jmw-DPM)
Polisi siap amankan gereja selama Tri Hari Suci Polisi siap amankan gereja selama Tri Hari Suci Reviewed by jmw on Thursday, April 17, 2014 Rating: 5

No comments:

Sopan Santun Anda Sangat Kami Hargai

" Aquila non capit muscas "

Powered by Blogger.