Hari Raya Tritunggal Maha Kudus

Hari Raya Tritunggal Maha Kudus

DibawahPerlindunganMaria[DPM] - Rambut boleh sama hitam, tapi dalam hati siapa yang tahu. Demikianlah bunyi pribahasa yang sering kita dengar. Maknanya jelas betapa sulitnya kita memahami manusia. Maka kalau memahami manusia saja sudah sulit apalagi memahami Allah Tritunggal Mahakudus. ST. Agustinus mengatakan bahwa usaha memahami Allah bagaikan mencoba memasukan air lautan kedalam gelas kecil; mana cukup!.

Itulah yang terjadi kalau kita bicara tentang Tritunggal Maha Kudus. Bagaimana kita bisa mengerti Allah itu Esa, dan dalam ke-esaan itu ada TIGA PRIBADI (persona)? Ini memang misteri yang kelewat besar untuk ditangkat "otak" kita.

Satu hal yang pasti ini adalah kasih, Karena kasih-Nya, Allah Bapa mengutus Putra-Nya untuk datang dalam sejarah manusia. supaya munisia selamat. Dalam hidup-Nya yang berpokok pada kasih, Yesus dengan nyata menggungkap Bapa yang penuh kasih itu. Ia mengatakan, Barang siapa telah meilihat Aku, ia telah melihat Bapa dan Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam akau? (bdk Yoh 14:9-10)

Dalam memahami misteri Allah Tritunggal ini, kiranya kita tidak perlu bersibuk ria menjelaskan tiga pribadi Allah tersebut. Adalah lebih berguna bagi kita jika kita lebih memahami peran cinta Allah dalamhidup kita sebagaimana yang digambarkan dalam kitab keluaran 34:4b-6,8-9 dan Injil Yohanes 3;16-19. Allah selalu peduli akan manusi meski hidup manusi itu tegar. Allah selalu hadir bersama dan diantara kita agar setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binas, melainkan peroleh hidup yang kekal. KarenaNya Allah mengutus AnakNya kedalam dunia untuk menyelamatkan manusi. Kisah Allah Tritunggal adalah kisah sejarah cinta Allah kepada manusia.Amin (Pst.Petrus Maman,OSC)
Hari Raya Tritunggal Maha Kudus Hari Raya Tritunggal Maha Kudus Reviewed by jmw on Sunday, June 15, 2014 Rating: 5

No comments:

Sopan Santun Anda Sangat Kami Hargai

" Aquila non capit muscas "

Powered by Blogger.