Pentingkah Roh Kudus Bagi Kehidupan Kita?

Pentingkah Roh Kudus Bagi Kehidupan Kita?
Pentingkah Roh Kudus Bagi Kehidupan Kita?

DibawahPerlindunganMaria[DPM] - Saudaraku terkasih, setiap orang yang menyebut dirinya Kristen tentunya dalam dirinya ada Roh Kudus, karena Tuhan sudah mengaruniakan Roh Kudus dan mencurahkanNya di hari pentekosta, dan sejak itu Roh Kudus ada di tengah-tengah orang percaya.

Yesus sudah memberikanNya, kita tinggal menerima karunia itu. Semua orang yang diselamatkan karena percaya pada Yesus, tanpa kecuali, dapat menerima karunia tersebut seperti kata rasul Petrus "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosa mu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus" (Kisah 2:38).

Saudaraku terkasih, begitu pentingkah Roh Kudus bagi kehidupan orang percaya? Mari kita melihat pengelaman hidup raja Daud. Tentu sebagai raja, Daud punya segalanya: harta kekayaan, kuasa, tentara yang kuat dan lain-lain. Secara manusiawi tidak ada yang perlu dikuatirkan semuanya tersedia.

Namun di balik semuanya itu, dia tahu mana yang utama bagi kehidupan. Dalam Maszmur 51:31, Daud memohon kepada Tuhan "Janganlah membuang aku dari hadapan Mu, dan janganlah mengambil roh Mu yang kudus dari padaku". Daut sadar ia sangat membutuhkan roh Tuhan. Tanpa RohNya ia tidak dapat berbuat apa-apa, sebaliknya kegagalan akan menimpa.

Saudaraku terkasih, Roh Kudus sungguh memegang peranan penting dalam kehidupan kita. Roh Kudus membebaskan kita dari ikatan dosa. Dan bersama Roh Kudus kita memiliki kuasa untuk tidak lagi hidup menurut daging, melainkan hidup dalam Roh(baca Galatia 5:16). Dan bila kita hidup di bawah kendali Roh Kudus kita dapat memiliki buah-buah Roh yang akan timbul dan nampak nyata dalam kehidupan kita. Inilah karakter dan kehidupan Tuhan Yesus. Kita tak dapat mengubah karakter kita sendiri, tetapi Roh Kuduslah yang sanggup merubah karakter kita menjadi seperti Kristus.

Roh Kudus juga mendorong setiap orang percaya untuk bersaksi tentang Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Ada panggilan kudus untuk besaksi dan ada dorongan untuk mewartakan Yesus tanpa takut. Para Rasul dengan penuh keberanian bersaksi tentang Yesus meskipun mereka berada dalam tekanan dan ancaman. Dan Kisah Rasul 2:1-11 mencatat kisah keberanian para rasul untuk bersaksi. Dan dalam kisah selanjutnya, kita akan mengetahui bahwa sekalipun mereka berhadapan dengan Mahkamah Agama, mereka berkata "Kita harus lebih taat kepada Allah daripada kepada manusia. dan kami adalah saksi dari segala sesuatu itu, kami dan Roh Kudus, yang dikaruniakan Allah kepada semua orang yang mentaati Dia" (Kisah 5:29,32)

Saudaraku terkasih, hari ini Roh Kudus pun mengajak kita juga untuk bersaksi tentang kebaikan Tuhan, Damai sejahtera Tuhan melalui pengelaman hidup kita. Jangan takut untuk bersaksi sebab kristus beserta kita dan Ia telah menghembusi kita dengan Roh KudusNya dan memberikan kuasa pengampunan dosa (Yoh 20:23).

Karena Roh Kudus begitu berharga dalam hidup kita, mari saudaraku terkasih, kita serukan bersama doa Daud dalam hidup kita, "Tuhan, janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil roh-Mu daripada Ku". Amin. (Pst.Petrus Maman,Osc)
Pentingkah Roh Kudus Bagi Kehidupan Kita? Pentingkah Roh Kudus Bagi Kehidupan Kita? Reviewed by jmw on Saturday, June 07, 2014 Rating: 5

No comments:

Sopan Santun Anda Sangat Kami Hargai

" Aquila non capit muscas "

Powered by Blogger.