Paus mendesak koperasi untuk mempromosikan 'ekonomi kejujuran'


DPM - Paus Fransiskus berbicara tentang perekonomian dalam konfederasi koperasi Italia yang dihadiri sekitar 7.000 orang.

Paus mengatakan koperasi harus menjadi motor yang mengangkat dan mengembangkan bagian terlemah dari masyarakat.

Dikutip dari vatican radio, priotitas utama adalah membangun koperasi baru, sedangkan yang sudah ada dikembangkan sehingga dapat menyerap tenaga kerja baru, terkhusunya kaum muda.

Kedua, Paus mendesak gerakan co-op untuk menjadi "protagonis" dalam mengusulkan solusi kesejahteraan baru, khususnya di bidang kesehatan.


ketiga, ia berbicara tentang ekonomi dan hubungannya dengan keadilan sosial dan martabat manusia. Berbicara tentang kebutuhan untuk "globalisasi solidaritas," ia mendesak konfederasi untuk membawa koperasi ke "pinggiran eksistensial" dan terus menjadi "kenabian" dengan "menciptakan bentuk-bentuk baru kerjasama."

Keempat, kata dia, gerakan koperasi dapat melaksanakan peran penting dalam mempertahankan, memfasilitasi dan mendorong kehidupan keluarga, dengan menekankan pada keseimbangan kehidupan kerja, yang akan "membantu wanita untuk menyadari sepenuhnya panggilan mereka sendiri dan untuk dimasukkan ke dalam bakat mereka sendiri "

Dengan cara ini, kata dia, perempuan "bebas menjadi protagonis, baik di tempat kerja atau dalam keluarga."

Kelima, di mana beberapa sumber daya yang ada untuk memulai proyek-proyek baru, Paus mendesak gerakan co-op untuk "berinvestasi dengan baik," khususnya dengan menyusun "sumber daya yang baik untuk mewujudkan perbuatan baik." Dia mendesak kolaborasi antara serikat kredit dan co- bisnis op dan pembentukan sumber daya "bagi keluarga untuk hidup dengan martabat dan ketenangan."

Dia juga memperingatkan yang mengidolakan uang, mengutip St Fransiskus dari Assisi di menyebutnya "kotoran iblis."

"Ketika uang menjadi idola, ia mengendalikan pilihan manusia," katanya. "Itu membuat dia menjadi budak."

Dia mendesak gerakan koperasi untuk bergabung dengan ekonomi global untuk mempromosikan "ekonomi kejujuran" dan "ekonomi penyembuhan." Ia mendesak mereka untuk latihan "keberanian dan imajinasi untuk membangun hanya jalan, sehingga untuk mengintegrasikan pembangunan, keadilan dan perdamaian di dunia."

Dia menyimpulkan dengan menyebut para anggota konfederasi Katolik untuk mempertahankan identitas dan nilai-nilai Katolik mereka bekerja sama dengan kelompok-kelompok mereka saat co-op lain dalam menciptakan asosiasi nasional yang besar.

"Hidup aliansi (dengan kelompok-kelompok lain) sebagai orang Kristen, sebagai respon terhadap iman dan identitas, tanpa rasa takut. Iman dan identitas dasar, "katanya.

"Dan ini juga merupakan panggilan Kristiani," lanjutnya spontan. "Nilai-nilai Kristen tidak hanya untuk diri kita sendiri. Berbagi dengan orang-orang, yang tidak berpikir seperti yang kita lakukan, tetapi yang menginginkan hal yang sama yang kita inginkan. "(jmw-dpm)
Paus mendesak koperasi untuk mempromosikan 'ekonomi kejujuran' Paus mendesak koperasi untuk mempromosikan 'ekonomi kejujuran' Reviewed by jmw on Saturday, February 28, 2015 Rating: 5

No comments:

Sopan Santun Anda Sangat Kami Hargai

" Aquila non capit muscas "

Powered by Blogger.