Misa Dibubarkan Paksa, Romo Andrianus Sulistiyono MSF Dievakuasi Lompat Jendela

Misa Dibubarkan Paksa, Romo Andrianus Sulistiyono MSF Dievakuasi Lompat Jendela

Misa Dibubarkan Paksa, Romo Andrianus Sulistiyono MSF Dievakuasi Lompat Jendela

DPM - Sebuah insiden tidak mengenakkan terjadi di tlatah Paroki St. Petrus Purwosari, Surakarta (Solo), Jawa Tengah. Romo Andrianus “Andre” Sulistiyono MSF memimpin perayaan ekaristi atas undangan seorang keluarga katolik untuk memule (mendoakan arwah) Peringatan 1.000 hari meninggalnya salah satu umat Paroki St. Petrus Purwosari harus dievakuasi lewat jendela.

Diberitakan sesawi.net,  untuk bisa menampung lebih banyak umat dan undangan lain yang tidak katolik, perayaan ekaristi tidak diselenggarakan di rumah umat, melainkan di balai pendopo kelurahan. Izin resmi telah diberikan oleh Lurah Penumping yang memperbolehkan perayaan misa di situ.  Apalagi kegiatan doa memule orang yang sudah meninggal 1.000 hari itu termasuk acara yang lazim diadakan oleh masyarakat Jawa di mana pun dengan target audiens yang beragam pula.

Diganggu oleh dua provokator

Misa arwah dengan intensi memule orang yang sudah meninggal 1.000 hari lalu                 itu awalnya berjalan sangat lancer. Namun, memasuki tahapan homily, di luaran pendopo ada dua orang provokator yang mulai berteriak-teriak memprotes agar misa segera dihentikan.

Aparat Linmas dari kelurahan mencoba menenangkan kedua provokator tersebut sehingga akhirnya mereka berdua segera meninggalkan lokasi.

Misa pun berjalan  sesuai ritual selanjutnya. “Nah, usai pembagian komuni sebelum doa penutup dan pemberian berkat pengutusan, kedua provokator itu kembali datang ke lokasi dengan membawa lebih banyak orang,” ungkap warga Paroki St. Petrus Purwosari yang enggan disebut namanya.

Jumlahnya tidak banyak. Sekitar 20-an orang saja dan mereka menganggu jalannya misa dengan berteriak-teriak keras meminta agar misa dihentikan.

Protes itu dilakukan karena mereka ‘tidak terima’ tempat umum seperti pendopo kelurahan dipakai sebagai tempat ibadat.

Karena situasinya menjadi sangat tidak kondusif, maka anak-anak pun menjadi histeris karena kaget mengalami hal-hal yang tidak diduga.

Akhirnya diputuskan misa diakhiri pada tahapan menjelang doa penutup dan doa pengutusan. “Romo Andrianus Sulistiyono dievakuasi bersama prodiakon dengan cara melompat jendela ke salah satu ruangan di pendopo,” jelas umat paroki.

Pendopo Kelurahan Penumping di Kodya Surakarta ini berlokasi persis di belakang Loji Gandrung –rumah dinas Walikota Solo FX “Rudy” Hadi Rudyatmo.

Romo Andrianus “Andre” Sulistiyono MSF adalah imam anggota Kongregasi Keluarga Kudus (MSF), putera asli Salatiga dan pernah berkarya di Flores. Tugas pastoral di Paroki St. Petrus Purwosari di Kota Solo ini adalah tahun keempat baginya.
Misa Dibubarkan Paksa, Romo Andrianus Sulistiyono MSF Dievakuasi Lompat Jendela Misa Dibubarkan Paksa, Romo Andrianus Sulistiyono MSF Dievakuasi Lompat Jendela Reviewed by jmw on Wednesday, September 07, 2016 Rating: 5

No comments:

Sopan Santun Anda Sangat Kami Hargai

" Aquila non capit muscas "

Powered by Blogger.