Pentahbisan uskup secara publik pertama di Tiongkok sejak 2012

Pentahbisan uskup secara publik pertama di Tiongkok sejak 2012
Pentahbisan uskup secara publik pertama di Tiongkok sejak 2012

Ketika Pastor Joseph Zhang Yinlin akan ditahbiskan menjadi uskup Anyang, Provinsi Henan, 4 Agustus, ia akan menjadi uskup pertama yang ditahbiskan secara publik di Tiongkok dalam tiga tahun terakhir dan pertama sejak Vatikan dan Tiongkok mulai kembali dialog mereka pada Juni 2014.

Pentahbisan publik terakhir terjadi pada 7 Juli 2012, ketika Uskup Thaddeus Ma Daqin ditahbiskan sebagai uskup auksilier Shanghai. Uskup Ma segera mengundurkan diri dari jabatannya sebagai protes terhadap Asosiasi Patriotik Katolik Tiongkok yang dikuasai pemerintah dan tetap di bawah tahanan rumah.

Pastor Zhang juga akan menjadi uskup Tiongkok pertama yang ditahbiskan secara publik sejak Paus Fransiskus terpilih menjadi Paus pada Maret 2013.

Pentahbisan itu, dengan persetujuan paus, awalnya direncanakan pada 29 Juli. Namun, keuskupan memutuskan untuk menunda pada 4 Agustus bertepatan dengan Pesta Santo Yohanes Maria Vianney, santo pelindung bagi para imam.

Dalam sebuah wawancara, Pastor Zhang mengatakan kepada ucanews.com bahwa dia tidak bisa mengkonfirmasi uskup yang akan memimpin pentahbisan.

“Kami mengirim undangan ke beberapa uskup tetapi tidak bisa mengkonfirmasi siapa yang hadir,” katanya.

Kehadiran uskup tidak diakui Vatikan (terlarang) adalah cara Partai Komunis menunjukkan kontrol terhadap Gereja. Jika seorang uskup terlarang berperan dalam pentahbisan, ini bisa menjadi tanda hubungan Tiongkok-Vatikan, kata sumber-sumber.

Tiga uskup diundang hadir untuk pentahbisan tersebut, dan salah satu uskup yang hadir adalah uskup yang diakui Vatikan.

Uskup Ma mengatakan secara publik setelah ditahbiskan: “Saya tidak nyaman melayani Asosiasi Patriotik Katolik.” Sejak itu, ia telah berada di bawah tahanan rumah di Seminari Sheshan di Shanghai.

Seorang uskup yang tidak diakui Vatikan berpartisipasi dalam pentahbisan Uskup Ma.

Asosiasi Patriotik Katolik adalah badan yang diakui pemerintah yang dirancang untuk mengontrol Gereja Katolik di Tiongkok.

Pastor Zhang, 44, diangkat menjadi uskup pada 28 April. Pentahbisannya telah disetujui Vatikan.

Di Tiongkok, sebagian besar pemilihan uskup diatur oleh Konferensi Waligereja Tiongkok, yang terdiri dari para uskup yang telah terdaftar dengan pemerintah. Namun, banyak calon uskup menerima persetujuan paus sebelumnya. Kebanyakan pemilih mendukung pilihan Vatikan.

Para anggota Gereja di Tiongkok juga mengeluh bahwa para pejabat pemerintah memanipulasi pemilihan, karena prosesnya tidak hanya melibatkan para imam, tetapi juga biarawati, seminaris dan tokoh awam.

Seorang calon lain yang diakui Vatikan menjadi Uskup, Pastor Cosmos Ji Chengyi dari Zhumadian di provinsi yang sama, juga diangkat pada April. Tapi tanggal pentahbisannya masih belum diketahui.(ucanews)
Pentahbisan uskup secara publik pertama di Tiongkok sejak 2012 Pentahbisan uskup secara publik pertama di Tiongkok sejak 2012 Reviewed by jmw on Friday, July 31, 2015 Rating: 5

No comments:

Sopan Santun Anda Sangat Kami Hargai

" Aquila non capit muscas "

Powered by Blogger.